Apa Manfaat Dropship di Shopee dan Bagaimana Caranya

Belajar Jualan di Marketplace – Dropship adalah model bisnis dengan cara melompati jalur distribusi secara tradisional dan mengirimkan produk langsung dari grosir atau produsen. Penjual dropship atau dropshipper tidak membeli produk terlebih dahulu untuk dijual, atau menyimpan persediaan di gudang mereka sendiri. Sebagai gantinya, dropshipper memproses pesanan pelanggan dengan meneruskannya langsung ke pemilik barang. Pemilik barang kemudian mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan secara langsung. Pembayaran untuk pesanan tersebut ditangani oleh dropshipper, yang menjual produk dengan harga yang telah di-markup dan menjaga selisih yang tersisa setelah membayar biaya kepada pemilik barang.

Dengan meminta produk Anda untuk dikirim langsung dari pemasok langsung ke pelanggan Anda, Anda dapat menghemat biaya pengiriman dan pergudangan, waktu pengiriman, dan kerumitan dalam mengelola produk tersebut. Mari kita lihat beberapa dari banyak manfaat unik yang dapat Anda hasilkan dengan mengadopsi model penjualan dropshipping.

1. Kebutuhan Modal Lebih Rendah

Bagi banyak dropshipper, salah satu aspek terberat dalam memulai bisnis adalah mencari tahu cara memiliki persediaan produk. Secara tradisional, pedagang menghabiskan banyak modal untuk memiliki persediaan produk, yang secara signifikan dapat memakan modal awal bisnis tersebut. Namun, dengan dropshipping, bisa berarti Anda mengurangi biaya di awal bisnis Anda.

2. Lokasi yang Fleksibel

Pelanggan saat ini menuntut pengiriman secara lebih cepat. Dengan menjadi dropshipper, bisnis Anda dapat memperoleh keuntungan secara geografis. Bisnis Anda yang mungkin berlokasi di Makassar dapat mengambil manfaat dari pemasok yang berlokasi di Pulau Jawa, dan sebaliknya. Dengan begini, Anda dapat memberikan layanan luar biasa dari titik pemesanan hingga pengiriman.

3. Hemat waktu dan uang

Menjalankan bisnis dropshipping berarti bahwa bisnis Anda tidak akan dibebani dengan kerepotan mengelola dan membayar untuk pergudangan. Anda tidak perlu melacak jumlah produk Anda, menangani pengembalian, atau membatasi kantor Anda di lokasi tertentu. Selama Anda memiliki koneksi internet untuk tetap berhubungan dengan pemasok dan pelanggan Anda, Anda memiliki kebebasan untuk membawa bisnis Anda ke mana saja dan di mana saja.

4. Pilihan Produk yang Lebih Luas

Karena pedagang biasanya diharuskan untuk melakukan pra-pembelian produk mereka, biasanya lebih mudah dan lebih murah untuk membeli beberapa barang tertentu dalam jumlah yang lebih besar daripada menawarkan beragam pilihan. Tetapi dengan dropshipping, Anda dapat menjual berapapun banyaknya produk yang Anda inginkan di toko online Anda tanpa harus khawatir tentang persediaan atau biaya modal ketersediaan barang.

5. Mengurangi Risiko

Memulai bisnis memiliki banyak risiko, tidak terkecuali banyaknya modal yang berpotensi Anda investasikan dalam ketersediaan barang. Dengan model dropshipping, jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana Anda, Anda dapat melakukan istirahat yang relatif aman, tanpa takut terjebak dengan persediaan barang yang menumpuk.

Baca Juga: Apa Manfaat dan Bagaimana Cara Belanja di Shopee?

Bagaimana Cara Dropship di Shopee?

Shopee telah sejak lama memberikan fasilitas dropship ini bagi para pengguna setianya. Dan cara melakukan dropship di Shopee sangat mudah. Hematnya adalah Anda cukup membeli barang untuk kemudian Anda kirimkan ke alamat orang yang membeli barang kepada Anda secara langsung. Dan mengatasnamakan pengiriman tersebut dikirimkan oleh Anda atau toko Anda sendiri. Selanjutnya Anda dapat mulai men-dropship barang dengan cara membeli barang di Shopee seperti yang telah kita bahas sebelumnya di “Apa Manfaat dan Bagaimana Cara Belanja di Shopee?”. Namun, ada beberapa perbedaan kecil berikut ini:

  1. Pada halaman Checkout, Anda harus memasukkan alamat orang yang membeli barang dari Anda.

  1. Kemudian, masih di halaman yang sama Anda harus mengaktifkan bagian “Kirim sebagai Dropshipper” dan kemudian isikan nama Anda atau nama toko Anda serta nomor telepon Anda.

  1. Dan langkah terakhirnya adalah menyelesaikan transaksi tersebut sebagaimana Anda membeli barang dari Shopee.

Mudah bukan? Bisnis ini sebenarnya bukanlah bisnis baru, tetapi tidak ada salahnya memulai di saat ini. Saat banyak orang dilarang bepergian jauh karena pandemi virus dan cara berbelanja Online ini sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pelaku bisnis dropship.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here