Bagaimana Cara Beriklan di Shopee dan Apa Manfaatnya

Private Jualan Di Marketplace – Beriklan secara Online adalah sarana bisnis untuk dunia modern. Juga dikenal sebagai pemasaran Online atau iklan di internet yang memiliki potensi untuk sukses sangat besar. Ada banyak strategi untuk dipelajari dan sementara bagi banyak orang terbukti cukup menakutkan bagi banyak orang, manfaat dari iklan Online bervariasi. Jadi, jika Anda merasa agak kewalahan, kami membuat artikel ini untuk mengingatkan Anda apa yang Anda perjuangkan. Berikut ini 5 keunggulan iklan Online:

  1. Iklan secara Online adalah strategi jangka panjang.
  2. Anda memegang kendali dengan beriklan secara Online.
  3. Iklan Online sangat efektif.
  4. Iklan Online dapat membuat basis pelanggan yang besar.
  5. Iklan Online dapat membantu anda menemukan setiap jenis pelanggan yang lebih baik.

Apa itu Iklanku?

Iklanku adalah sebuah fasilitas yang ada di dalam aplikasi dan situs Shopee memungkinkan Anda untuk memasang iklan produk. Agar produk dan toko Anda dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna toko Online Shopee. Namun, satu hal yang patut untuk dijadikan catatan adalah sebelum Anda mengakses halaman Iklanku, pastikan Anda telah menonaktifkan fitur pemblokir iklan pada browser Anda. Jadi, Anda periksa dulu pengaturan browser untuk melihat bagaimana status pemblokir iklan browser Anda. Dan salah satu yang akan kita bahas di sini adalah jenis iklan yang mentargetkan “Kata Kunci”.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memproses Pengiriman Pesanan Produk di Shopee?

Mengatur Iklan Kata Kunci

  1. Langkah pertama adalah Anda harus login ke Seller Centre dan kemudian klik Iklanku
  2. Lalu langkah berikutnya adalah Anda harus klik + Iklan Kata Kunci Baru. Iklan Kata Kunci ini akan menampilkan semua promosi produk Anda. Untuk melihat periode promosi iklan yang Anda inginkan, gunakan drop-down untuk dapat menerapkan filter yang tepat.

  1. Kemudian Anda pilih produk yang ingin dipromosikan. Anda dapat Menggunakan fitur pencarian atau filter untuk melihat produk yang Anda inginkan secara lebih mudah.
  2. Dan kemudian Anda klik Konfirmasi.

  1. Langkah berikutnya adalah mengatur modal. Modal tersebut akan menunjukkan biaya maksimum iklan yang ingin Anda bayarkan. Ketika modal tersebut habis, iklan Anda akan berhenti ditampilkan secara otomatis. Anda juga dapat memilih untuk tidak mengatur batas modal, modal harian atau total modal untuk beriklan di Shopee ini.
  • Anda bisa memilih “Tanpa Batas” jika iklan Anda ingin dilihat secara berkelanjutan dan tidak harus berhenti. Atau jika Anda tidak yakin dengan berapa jumlah klik yang harus Anda peroleh untuk mendapatkan pesanan.
  • Atau Anda juga bisa memilih “Tentukan Modal” jika Anda ingin menghemat biaya iklan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Minimal modal harian adalah Rp2.500
  • Minimal total modal adalah Rp25.000
  1. Kemudian Anda juga harus mengatur Periode iklan Anda. Periode tersebut akan menunjukkan durasi iklan yang Anda pasang. Setelah periode tersebut selesai, iklan Anda tidak akan ditampilkan lagi secara otomatis. Anda juga dapat memilih “Tanpa Batas Waktu” atau “Tetapkan Tanggal Mulai/ Selesai”:
  • Pilih “Tanpa Batas Waktu” jika Anda ingin iklan tersebut dilihat secara berkelanjutan oleh Pengguna Shopee.
  • Pilih “Tetapkan Tanggal Mulai/ Selesai” apabila Anda ingin mempromosikan produk pada periode tertentu, misalnya saat periode promosi dari produk dan/atau toko Anda.

  1. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengatur kata pencarian melalui “Pilih Otomatis” atau “Pilih Manual”. Pengaturan kata kunci atau kata pencarian ini akan menentukan hasil halaman pencarian yang memunculkan iklan Anda.

Terdapat 2 tipe pengaturan kata kunci atau kata pencarian tersebut, yaitu:

  1. “Pilih Otomatis”: Maka sistem Shopee akan mengatur & mengoptimalkan kata kunci pencarian untuk iklan Anda.
  2. “Pilih Manual”: Anda sebagai Penjual dapat mengatur kata pencarian sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda ini mengatur kata pencarian dengan tipe Pilih Otomatis, maka Anda dapat langsung meluncurkan dan memunculkan iklan tersebut.

Tetapi, apabila Anda mengatur kata pencarian dengan tipe Pilih Manual, Anda perlu menentukan kata kunci pencarian dahulu, tipe pencocokan dan biaya-per-klik terlebih dahulu sebelum Anda dapat meluncurkan iklan. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, masukkan kata pencarian yang Anda inginkan dan kemudian klik Tambah untuk menambahkan pilihan kata kunci pencarian. Setelah itu Anda klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  • Untuk menambah kata kunci atau kata pencarian baru, Anda bisa klik + Tambah Kata Pencarian
  • Dan untuk menghapus kata pencarian yang biasanya juga akan direkomendasikan oleh sistem atau yang tidak Anda inginkan, Anda bisa klik icon sampah.

  • Kemudian Anda juga harus mengatur Tipe Pencocokan. Di dalamnya sudah jelas dan ada keterangan singkatnya.
  • Lalu Anda atur juga Biaya-Per-Klik. Biaya-per-klik ini akan menunjukkan harga tertinggi yang ingin Anda bayarkan untuk setiap klik untuk iklan yang Anda pasang. Biaya tersebut akan digunakan untuk menghitung peringkat iklan Anda (atau seberapa sering iklan Anda akan muncul di hasil pencarian). Semakin tinggi biaya-per-klik tersebut maka akan semakin tinggi pula peringkat iklan Anda. Biaya-per-klik ini dimulai dari harga Rp150, dan akan meningkat tergantung permintaan. Selain itu, biaya yang akan Anda bayarkan kemungkinan dapat lebih rendah dari biaya-per-klik yang Anda tetapkan, tergantung pada biaya-per-klik iklan yang lainnya.

  1. Dan langkah terakhirnya adalah Anda harus klik Aktifkan Iklan untuk menampilkan iklan Anda di Shopee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here