Bagaimana Cara Berjualan di Lazada yang Tidak Diketahui Pelaku UMKM

Kursus Marketplace – Artikel tentang bagaimana mudahnya  memulai berjualan di Lazada telah kita bahas sebelumnya,  mulai dari daftar akun hingga Akun tersebut siap untuk digunakan berjualan.  Mengingat Lazada adalah marketplace yang sudah sejak lama ada di Indonesia dan juga memiliki andil besar di dunia jual beli online di Indonesia.

Marketplace yang satu ini ini juga merupakan platform jual beli online yang masih sulit dijangkau oleh para pebisnis dengan skala UMKM, karena berbisnis di Lazada memerlukan perhatian khusus saat Anda ada ingin membuat sebuah toko online di Lazada.  Tidak semua pebisnis skala UMKM bisa berbisnis di Lazada, sehingga para penjual di Lazada benar-benar dapat dipercaya untuk melakukan transaksi jual beli secara online.

Hal ini dikarenakan oleh pihak Lazada yang sangat mengutamakan kepuasan pelanggannya. Sehingga hanya penjual yang telah memiliki toko online di Lazada dibilang sebagai trusted seller atau penjual terpercaya. Anda sebagai pelaku UMKM pastinya ingin mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukan transaksi secara online di Lazada. Berikut ini adalah cara bagi Anda para pelaku UMKM untuk bisa sukses jualan di Lazada.

Pisahkan barang untuk Lazada dengan marketplace lain

Apabila Anda memiliki toko online di berbagai marketplace selain Lazada dan ingin memulai meraih keuntungan di Lazada, Anda harus menyediakan rak atau Tempat khusus untuk produk Anda di Lazada supaya Anda lebih mudah memantau stok produk yang ada di toko Anda di Lazada.

Karena jika Anda kehabisan stok akan berakibat pinalti dari Lazada menurut aturan yang berlaku di Lazada. Di samping itu, Anda juga bisa mengunggah produk UMKM milik Anda ke dalam daftar iklan Anda di Lazada, yang mana Anda juga bisa bekerjasama dengan para pelaku UMKM di sekitar Anda untuk membantu menjualkan hasil karya mereka.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Berjualan di Lazada dengan Cepat dan Mudah?

Periksalah kualitas produk Anda sebelum Dikirim kepada pembeli

Mengingat kepuasan pembeli merupakan hal yang sangat penting bagi Lazada, sudah menjadi ketentuan bahwa kualitas produk yang diiklankan di Lazada menjadi prioritas.  Penjual harus menyediakan barang sesuai dengan deskripsi pada saat penjual tersebut mengiklankan produk di Lazada dan memeriksa kualitas barang tersebut sebelum mengirimkannya kepada pembeli.

Ketidaksesuaian produk asli dengan produk yang diunggah Ada iklan di Lazada dan adanya cacat pada produk dapat menjadi alasan bagi pembeli untuk mengajukan retur atau pengembalian barang. Meskipun demikian, pembeli tidak bisa mengajukan retur barang begitu saja karena barang tersebut akan diproses dulu di kantor pusat pemilik Lazada. Setelah menyetujui retur tersebut, baru barang akan dikembalikan kepada penjual.

Selesaikanlah pengiriman dengan cepat dan tepat

Tenggang waktu pengemasan barang oleh penjual  di Lazada adalah yang paling cepat antara marketplace yang lain yaitu 1 x 24 jam sejak Pesanan masuk dari pembeli yang harus segera diselesaikan oleh penjual. Keterlambatan proses pesanan akan menghasilkan pendisiplinan dari pihak Lazada kepada penjual yaitu berupa biaya penalti sesuai aturan yang berlaku di Lazada. Selain itu, apabila seller tidak mampu menyelesaikan pesanan Dalam waktu 1 x 24 jam akan berimbas pada ada poin limit pesanan atau batas pesanan per hari yang didapatkan oleh penjual.

Karena itu, semakin cepat penjual dapat menyelesaikan pesanan akan berpengaruh kepada rating toko dan juga semakin banyak pesanan dapat diterima penjual di setiap harinya.  Oleh karena itu, Anda yang nantinya menjadi seorang trusted seller wajib mengemas barang pesanan secepat mungkin, supaya keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin banyak.

Semua tips di atas dapat Anda aplikasikan dalam toko Anda di Lazada, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu, Anda juga tidak akan terancam kebangkrutan karena kalah bersaing dengan toko toko online yang ada di Indonesia khususnya mereka yang juga berkecimpung di dunia jual beli online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here