Bagaimana Cara Berjualan di Zalora?

Belajar Jualan Di Marketplace – Kemunculan Zalora di tahun 2012 telah sukses mencuri perhatian banyak masyarakat. Banyak dari mereka yang menjadi sukses setelah bergabung dengan Zalora. Zalora memiliki cakupan distribusi yang luas dan selalu ditangani dengan baik. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah kabar gembira untuk para calon mitra Zalora. Bagi Anda yang ingin berjualan di Zalora tidak perlu merasa khawatir sebab cara untuk berjualan di marketplace ini juga terbilang cukup mudah.

Kerja sama yang ditawarkan oleh Zalora kepada para mitranya juga sangat fleksibel. Terdapat 2 macam cara yang dapat digunakan untuk berjualan di Zalora. Kedua cara tersebut sama-sama menguntungkan, yakni dengan sistem konsinyasi serta dropshipment. Berikut akan kami ulas tentang mekanisme dari kedua jenis kerja sama tersebut.

Sistem Jualan Konsinyasi

Saat Anda memilih sistem konsinyasi, ini artinya Anda akan mempercayakan seluruh pekerjaan kepada Zalora. Dimulai dari urusan IT, Zalora akan menangani secara penuh mengenai IT platform. Di samping itu Xalora juga akan menangani masalah marketing strategy. Zalora akan mengurus seluruh pemasaran online ataupun offline. Hal tersebut tentu akan mendatangkan keuntungan bagi para penjual..

Sistem konsinyasi memang sangat memanjakan para mitra atau penjual di Zalora. Ini artinya, penjual hanya perlu menitipkan barangnya di Zalora dan tinggal duduk manis menanti pendapatannya. Kualitas tim produksi dari Zalora juga sangat baik. Mereka menggunakan model, resolusi gambar, dan juga studio yang sangat baik. Hal inilah yang menyebabkan banyak desiner/pemilik clothing line yang lebih memilih bergabung ke sistem konsinyasi di Zalora.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendaftar Flash Sale di Tokopedia?

Sistem Dropshipment/Marketplace

Dalam sistem ini penjual akan memperoleh IT platform support yang akan ditangani oleh seller center Zalora. Seller center berperan dalam mengatur pesanan, produk, serta stok produk itu sendiri. Disamping itu, Zalora juga akan menangani promosi dalam sistem dropshipment ini. Investasi promosi ini akan sangat besar baik di online maupun offline marketing.

Namun dalam sistem dropshipment ini, tidak seluruh hal ditangani oleh Zalora. Penjual harus mengurus dan mengatur sendiri masalah produksi, yakni meliputi foto produk, penyimpanan, serta pengemasan barang saat pesanan diterima. Sedangkan dalam hal pengiriman, Zalora akan menjemput paket sendiri dengan menggunakan kurir yang tentu sudah dipercaya oleh Zalora.

Setelah Anda menentukan sistem kerjasama yang ingin Anda ikuti yang tentunya harus sesuai dengan kebutuhan bisnis, lalu bagaimanakah cara bergabung di Zalora?. Caranya cukup mudah. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda hanya tinggal mengunjungi laman pendaftaran Zalora di link berikut ini: https://www.zalora.co.id/sell-with-us/
  2. Setelah Anda berhasil membuka halaman tersebut, maka akan Anda dapati form pendaftaran.
  3. Anda perlu mengisi formulir pendaftaran tersebut. Bagian – bagian yang harus Anda isi antara lain: Nama Perusahaan (maksudnya disini nama usaha Anda), Nama Anda, Nomor Telepon, Email dan juga Website Perusahaan (website usaha Anda).
  4. Setelah Anda selesai mengisi semua kolom formulir pendaftaran, selanjutnya Anda dapat klik tombol “Submit”. Setelah itu, dalam waktu 3-7 hari pihak Zalora akan menghubungi Anda.

Perlu diperhatikan bahwa keberadaan website perusahaan sangat penting untuk mendaftar di Zalora. Hal ini disebabkan dari sini Zalora dapat menentukan apakah produk Anda layak dijual di Zalora atau tidak. Maka dapat disimpulkan bahwa website merupakan brand profile dari produk yang ingin dimasukkan/dipasarkan ke Zalora. Disamping itu, kehadiran akun media sosial serta lookbook juga akan sangat menunjang dalam proses reviewing yang dilakukan oleh Zalora.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here