Bagaimana Cara Memaksimalkan Tingkat Pelayanan Toko di Tokopedia

Belajar Jualan Di Marketplace – Memberikan pelayanan terbaik kepada calon pembeli adalah salah satu kunci agar bisa menarik minat dan agar dapat dipercaya. Sudah sangat sering Anda dengar bahwa pembeli adalah raja, istilah tersebut pasti sering Anda dengar dalam dunia jual beli, baik offline atau secara online.

Maka dari itu, pembeli harus dijadikan prioritas utama dalam transaksi jual beli online ini, karena hal tersebut pembeli akan senantiasa percaya kepada Anda untuk menjadi pelanggan yang loyal, sehingga peluang untuk membeli lagi produk di toko anda menjadi lebih besar.

Dengan menggunakan pelayanan yang baik, tentunya Anda bisa meningkatkan penjualan di toko yang sedang Anda kelola. Maka harga bukan satu-satunya faktor dari toko Anda yang dapat digunakan pembeli sebagai alasan untuk membeli produk, tetapi juga nilai pelayanan jugalah sangat penting untuk diberikan.

Pelayanan yang baik bisa membuat pembeli senang dan mendorong pembeli untuk membeli produk di Toko Anda. Bahkan untuk komplain sendiri, Anda diharuskan untuk menanggapinya dengan netral dan santai, tidak terbawa emosi. Maka berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan tingkat pelayanan toko Anda, baca dan simak baik-baik.

Cara Memaksimalkan Tingkat Pelayanan Toko

  1. Usahakan untuk cepat dan tanggap

Banyak pembeli yang tidak suka menunggu. Bahkan bukan pembeli saja, bukankah itu sifat dasar manusia, tidak suka menunggu. Hal tersebut bisa terjadi pada saat transaksi online maupun offline, Anda diharuskan untuk mempunyai sifat yang cepat dan tanggap.

Dimana cepat disini adalah misalnya dengan tidak membuat pembeli menunggu balasan dari pertanyaan pada room chat. Apabila Anda penjual secara online, maka Anda harus siap sedia untuk selalu menjawab pertanyaan yang masuk dari calon pembeli.

Dan tanggap disini artinya adalah Anda diharuskan menjawab pertanyaan sesuai dengan yang pembeli ajukan, harus cocok dengan pertanyaan yang dimaksudkan oleh pembeli, jadi bukan hanya cepat, tetapi juga harus sama dan sesuai dengan keinginan dan maksud pembeli.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Toko Anda di Lazada Cepat Ramai?

  1. Rajin melihat survei kepuasan pelanggan

Survei kepuasan pelanggan disini fungsinya adalah sangat penting karena bisa membatu anda dalam memperbaik apa yang dirasa kurang maksimal dari toko Anda di masa yang sudah lewat. Anda bisa saja berpikir bahwa toko Anda sedang baik-baik saja saat anda memberikan pelayanan.

Tetapi tidak jika setiap pembeli memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda. Jadi Anda perlu mencari tahu betul-betul, seperti apa sih pelayanan yang diinginkan oleh pembeli ini. Juga Anda perlu tau seperti apa pelayanan Anda dari sisi pembeli, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum.

  1. Mau menerima masukan

Saat setelah Anda melakukan survei, yang perlu Anda lakukan adalah analisis pemikiran konsumen mengenai toko Anda. Apabila mereka mau untuk memberikan kritik ataupun saran, ada baiknya untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka.

Anda memang pemilik toko, namun Anda tidak boleh egois berpikir bahwa apa yang Anda berikan kepada pembeli adalah sudah yang terbaik, bisa jadi saran yang pembeli berikan kepada Anda adalah yang pembeli lain berikan dan tidak terpikirkan oleh Anda sama sekali.

  1. Apabila salah mau mengakui kesalahan

Kesalahan bisa saja terjadi, walaupun apa yang sudah Anda rencanakan tertata dengan baik, semuanya seringkali terjadi tidak sesuai dengan yang telah direncanakan, dan menyebabkan tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Lebih baiknya jika terdapat kesalahan yang Anda lakukan dan timbul komplain dari pembeli, Anda harus mengakuinya dan menerimanya. Meminta maaf bukanlah hal yang memalukan. Itu adalah cara terbaik yang bisa membuat pembeli berpikir bahwa, toko Anda merupakan toko yang profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here