Bagaimana Cara Membuka Toko di Tokopedia

Belajar Jualan Di Marketplace – Apakah Anda baru pertama kali ini berjualan secara Online atau ingin membuat toko baru? Tokopedia adalah tempat yang sangat tepat. Ketika menghadapi situasi sulit seperti pandemik Corona Virus sekarang ini, berbagai toko Online seperti Tokopedia percaya bahwa dengan tetap di rumah dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit ini. Banyak orang dapat membeli kebutuhan mereka dari rumah saja, menggunakan cashless atau uang non-tunai, dan tidak harus pergi ke tempat ramai dengan berbelanja di Tokopedia.

Karena itu, Anda harus menjadi bagian pejuang kemanusiaan dengan cara memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu agar perputaran bisnis tetap berjalan dengan lancar. Maka dari itu Anda bisa memulainya dengan cara berjualan Online di Tokopedia. Dan janganlah ragu karena proses membuka toko di Tokopedia sekarang lebih mudah dilakukan dengan berbagai langkahnya. Dan pada akhirnya dapat membuat kita bersemangat dalam memulai perjalanan bisnis Anda sendiri.

Baca Juga: Bagaimana Cara Beriklan di Shopee dan Apa Manfaatnya?

Langkah Mudah Membuka Toko di Tokopedia

Pertama kali, Anda harus membuka aplikasi Tokopedia, kemudian Anda ketik “Buka Toko” di kolom pencarian Tokopedia dan selanjutnya klik “Buka Toko Gratis”

Selain cara di atas, Anda juga bisa membuka toko melalui dua cara yang lain yaitu:

A. Pertama, Anda buka aplikasi Tokopedia lalu pilih tab ‘Akun’ dan kemudian Anda pilih tab ‘Akun Toko’

B. Selain itu, Anda juga dapat memulai untuk membuka toko dari halaman ‘Semua Kategori‘.

  1. Caranya pertama adalah Anda harus membuka aplikasi Tokopedia lalu Anda pilih ‘Semua Kategori’ dan selanjutnya Anda pilih ‘Buka Toko’.

  1. Lalu Anda pilih ‘Buka Toko Gratis’

  1. Kemudian Anda juga harus memasukkan nomor HP pribadi Anda untuk kemudian melakukan verifikasi melalui WhatsApp atau SMS. Untuk pengguna baru yang mendaftar di Tokopedia, Anda juga akan diminta untuk memasukkan nomor handphone. Setelah itu Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor handphone tersebut yang dikirim melalui platform medsos WhatsApp atau pesan singkat (SMS). Namun, bagi Anda yang sudah pernah membuka toko dan/atau sudah punya akun pengguna Tokopedia, maka Anda tidak harus melakukan langkah ini lagi.

  1. Langkah selanjutnya adalah Anda harus memasukkan nama akun, dan di sini Anda harus menggunakan nama asli yang sesuai dengan yang tertera di KTP Anda. Hal ini dimaksudkan agar nantinya dapat memudahkan saat melakukan penarikan saldo atau dana ke rekening pribadi Anda.

  1. Langkah kelima adalah Anda harus menentukan nama toko dan domain dengan baik-baik. Karena domain toko tersebut memiliki perang yang sangat penting. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap branding toko Anda serta mudah tidaknya nama toko tersebut diingat oleh para pembeli. Anda harus memikirkannya dengan baik dalam menentukan nama toko dan domain tersebut karena tidak bisa diubah.

  1. Langkah yang selanjutnya adalah Anda harus mengisi survey singkat agar Tokopedia bisa memberikan Anda pengalaman yang terbaik. Di tampilan langkah-langkah mendaftarkan produk yang baru ini, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan singkat. Tujuannya agar Tokopedia lebih mengenal seperti apa profilmu sehingga nantinya bisa memberikan dukungan dan pengalaman berjualan yang lebih baik lagi.

  1. Dan langkah terakhirnya adalah Anda harus memasukkan alamat toko yang benar dan juga lengkap. Jangan hanya masukkan nama kota atau kecamatan alamat toko Anda saja, tetapi lengkapi hingga mencantumkan nama jalan, nomor bangunan, dan bahkan kalau perlu hingga nomor RT/RW. Alamat ini akan sangat bermanfaat bagi kurir yang akan mengirim atau mengantar barang ke toko Anda. Karena jika alamat yang Anda cantumkan ini lengkap dan jelas maka kurir dari ekspedisi pengiriman barang akan lebih mudah mencarinya.

  1. Abrakadabra! Anda sudah siap memulai kesuksesan bisnis Anda di Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here