Bagaimana Cara Memulai Jualan di Facebook Marketplace

Private Jualan di MarketplaceMedia sosial facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia remaja hingga dewasa, dan hampir sebagian besar orang pasti memiliki akun media sosial facebook. Dalam media sosial facebook terdapat salah satu fitur yaitu marketplace. Memanfaatkan facebook sebagai lapak jualan adalah ide yang sangat bagus, mengingat banyaknya pengguna media sosial facebook

Apabila Anda sudah memiliki usaha dan mulai memasarkan via online, sebaiknya Anda mulai beralih menjadikan facebook sebagai media pemasaran. Jika anda masih bingung bagaimana caranya, pada tulisan ini akan dibahas lengkap mengenai bagaimana cara memulai jualan di Facebook Marketplace.

Cara Jualan di Facebook Marketplace

Bagi Anda yang belum memiliki akun media sosial facebook, bisa memulai dengan membuat akun. Caranya kunjungi halaman website facebook dan klik buat akun. Untuk membuat menjadi akun facebook, Anda hanya perlu menyiapkan email atau nomor telepon. Barulah nanti Anda harus mengisi username dan password. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh pihak facebook. Nah, jika Anda sudah memiliki akun facebook, untuk mulai jualan di marketplace yang perlu Anda lakukan adalah:

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendaftarkan Produk Jualan di Elevenia?

  1. Klik menu utama pada halaman facebook yang ada di pojok kanan atas atau bisa juga dengan langsung klik menu marketplace.
  2. Kemudian setelah berada di halaman facebook marketplace Anda hanya perlu klik icon Sell.
  3. Secara default, Facebook akan menawarkan empat pilihan produk. Apabila produk yang akan Anda jual tidak termasuk ke dalamnya, Anda hanya perlu memilih opsi Item sebab nantinya aka nada banyak kategori di dalamnya.
  4. Anda perlu mengisi seluruh formulir yang diminta, ada foto, judul, deskripsi, serta pilihan kategori produk yang akan Anda jual.
  5. Berikut ini adalah beberapa kategori yang dapat Anda pilih, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis produk yang akan Anda jual.
  6. Sebelum lapak dibuat, Facebook terkadang menawarkan beberapa pilihan tambahan kemana lapak Anda akan diterbitkan. Termasuk profil dan grup. Apabila Anda sudah memilih (dengan mencentang) Anda bisa langsung klik Post. Dan produk dagangan Anda sudah siap ditawarkan kepada calon pembeli. Namun, jika Anda hanya ingin produk Anda tampil di Marketplace, Anda hanya perlu klik Skip.
  7. Setelah lapak dagangan sudah dibuat, Anda bisa menemukan menu Your Items. Di dalam menu ini akan menampilkan beberapa menu, diantaranya Selling, Buying, Saved, dan Following
  8. Di dalam menu Selling, Anda akan menemukan daftar dagangan serta menu cara mengelolanya. Misalnya, menu menghapus, mengubah, memperbarui, dan menerbitkannya ke tempat yang lain.
  9. Di dalam menu Buying terdapat daftar produk barang-barang yang pernah Anda beli. Bisa disebut juga bahwa menu Buying adalah menu yang berisi riwayat belanja Anda.
  10. Di dalam menu Saved berisi lapak yang Anda simpan. Lapak ini terdiri dari beberapa lapak dari pengguna facebook marketplace lain yang Anda simpan.
  11. Sedangkan menu Following berisi lapak yang diikuti. 

Kesempatan sukses membuka lapak di Facebook Marketplace lebih lebih besar dibandingkan membuka lapak di media sosial lainnya. Hal ini dilihat dari pengguna facebook yang lebih banyak dibandingkan media sosial lainnya. Demikian cara memulai jualan di Facebook Marketplace. Mudah dan tidak ribet bukan! Selamat mencoba membuka lapak dan mulai berjualan dengan Facebook Marketplace ya, semoga sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here