Bagaimana Cara Menanggapi Pembatalan Pesanan di Bukalapak

Belajar Jualan Di Marketplace – Saat pembeli yang telah membayar mengajukan pembatalan sebelum pesanan diproses, maka pelapak bisa menyetujui ataupun menolak pembatalan pesanan tersebut. Tapi, apabila pembeli melakukan pembatalan transaksi dalam waktu 15 menit sesudah konfirmasi pembayaran maka dana tersebut akan otomatis dikembalikan kepada pembeli. Pelapak tidak akan memperoleh sanksi apapun dalam pembatalan pesanan yang diajukan oleh pembeli.

Berikut langkah yang dapat Anda ikuti untuk menanggapi pembatalan pesanan yang diajukan pembeli jika pembeli mengajukan pembatalan pesanan lebih dari 15 menit sesudah melakukan pembayaran adalah:

Melalui Desktop

A. Menyetujui Pembatalan Pesanan

  1. Saat muncul notifikasi permintaan pembatalan di menu transaksi, maka klik tombol “Tanggapi”. Atau melalui halaman Daftar Transaksi Penjualan, Anda bisa klik tombol “Tanggapi Permintaan”.
  2. Kemudian tanggapi permintaan pembatalan pesanan, dengan klik tombol “Batalkan Pesanan” apabila Anda menyetujui pembatalan.
  3. Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi pembatalan transaksi, lalu klik tombol “Ya” guna konfirmasi persetujuan pembatalan.
  4. Pembatalan pesanan telah berhasil dilakukan, status transaksi akan berubah menjadi “Dibatalkan.”

B. Menolak Pembatalan Pesanan

  1. Setelah Anda klik tombol “Tanggapi” pada notifikasi transaksi atau yang ada di halaman Daftar Transaksi Penjualan, maka klik tombol “Tetap Proses Pesanan” untuk menolak pembatalan.
  2. Masukkan alasan Anda menolak pembatalan pesanan, kemudian klik tombol “Kirim”.
  3. Pembatalan pesanan ditolak, status transaksi akan menjadi Diproses.

Melalui Mobile Apps

A. Menyetujui Pembatalan Pesanan

  1. Pertama bukalah halaman detail transaksi yang mengajukan pembatalan, kemudian klik tombol “TANGGAPI PERMINTAAN”.
  2. Selanjutnya, untuk menanggapi permintaan pembatalan pesanan, kliklah tombol “Batalkan” apabila Anda menyetujui pembatalan.
  3. Selanjutnya akan muncul pop up konfirmasi pembatalan transaksi, Anda hanya harus klik tombol “Ya” untuk mengkonfirmasi persetujuan pembatalan.
  4. Pembatalan pesanan telah berhasil Anda lakukan, status transaksi menjadi Dibatalkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Broadcast Chat di Tokopedia Agar Promosi Lebih Efektif?

B. Menolak Pembatalan Pesanan

  1. Setelah Anda klik tombol “TANGGAPI PERMINTAAN” di halaman detail transaksi yang mengajukan pembatalan, selanjutnya klik tombol “Tetap Proses” jika Anda ingin menolak pembatalan.
  2. Masukkanlah alasan menolak pembatalan pesanan, kemudian klik tombol “Konfirmasi”.
  3. Pembatalan pesanan telah ditolak, jadi status transaksi menjadi diproses

Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghadapi pelanggan yang sering membatalkan pesanan:

  1. Minta masukan dari pelanggan/prospek

Apabila Anda mengalami pembatalan, yang perlu Anda lakukan adalah meminta feedback dari mereka. Bisa jadi apa yang mereka alami saat itu bukan disebabkan dari masalah produk/ toko Anda melainkan sebab ketidaksanggupan pelanggan dalam menggunakan produk Anda saat itu. Contohnya pelanggan sudah deal dan melakukan pembayaran, namun karena kejadian tertentu dan sifatnya lebih urgent, pelanggan pun menjadi membatalkan pesanannya. Hal tersebut perlu Anda ketahui. Apabila tanpa bertanya dan meminta feedback Anda langsung menghubungi pelanggan dan melakukan berbagai macam penawaran, tentu Anda akan menjadi salesperson yang kemungkinan akan mengganggu kenyamanan pelanggan.

  1. Menghubungi di kesempatan berbeda

Apabila pelanggan/prospek membatalkan pesanan untuk menunda pembelian saat itu, itu artinya Anda masih memiliki kesempatan. Coba tanyakan kepada mereka sesudah beberapa waktu, misal 2 minggu atau beberapa minggu selanjutnya. Memberikan waktu seperti ini bisa jauh lebih efektif apabila dibandingkan dengan memaksakan closing sesaat setelah pembeli melakukan pembatalan.

Itulah langkah – langkah yang dapat Anda ikuti untuk menanggapi pembatalan pesanan yang dilakukan pembeli di Bukalapak. Anda juga dapat mengikuti tips untuk menghadapi pembeli yang sering membatalkan pesanan seperti dijelaskan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here