Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Komplain dan Review Negatif

Belajar Jualan Di Marketplace – Apakah Anda pernah menemui sebuah peristiwa ketika kurir datang produk jualan Anda tetapi produk yang Anda serahkan kepada kurir tidak sesuai pesanan yang ada di toko Anda di Tokopedia? Jadi jangan sampai Anda menunda pengiriman produk jualan Anda karena ini hanya akan membuat pembeli dan kurir tersebut kecewa.

Jika Anda sudah klik Request Pick Up tetapi orderan tersebut tidak sesuai dengan pesanan, entah itu jumlahnya, warnanya, atau bahkan jenis barangnya, akan banyak efek yang akan muncul. Meskipun sebenarnya Anda bisa mencegah hal semacam ini terjadi dengan cara membuat prioritas pesanan sesuai dengan pesanannya. Jadi, kita bahas lebih lanjut bagaimana caranya.

Apa Efek Samping Pesanan Tidak Segera Dikirim?

1. Pembeli akan komplain atau memberikan rating buruk karena kecewa

Anda harus benar-benar mengingat satu hal ini, ketika Anda request pick-up untuk produk jualan Anda, seluruh proses pengiriman tersebut akan diketahui oleh pembeli Anda. Mereka akan dapat memantau apakah pembelian mereka sudah Anda serahkan kepada kurir atau belum. Dan juga ketika kurir belum segera mengambil barang pesanan mereka karena Anda sebagai Seller belum siap. Selain komplain melalui chat di Tokopedia, kasus semacam ini akan memiliki kemungkinan bahwa pembeli akan memberikan review negatif. Atau bahkan rating buruk dengan memberikan bintang atau star yang sedikit jumlahnya di halaman produk Anda.

2. Request Pick-Up Anda akan dibatalkan oleh pihak ekspedisi pengiriman

Beberapa ekspedisi atau jasa pengiriman memiliki SOP atau Standar Prosedur Operasional untuk membatalkan permintaan pick-up dari Anda. Khususnya jika Anda tidak dapat memenuhi batas waktu pick-up dalam waktu 3×24 jam. Apabila resi Anda dibatalkan oleh pihak ekspedisi, maka transaksi penjualan Anda akan batal secara otomatis dalam waktu 2×24 jam. Dan khusus untuk Official Store, pembatalan transaksi semacam ini akan memberikan penalti untuk Anda sebagai Seller.

Apabila Anda kemudian memilih untuk mengirimkan pesanan tersebut menggunakan jasa pengiriman lain, transaksi tersebut tidak akan batal. Namun Anda harus berhati-hati, Anda harus memastikan pesanan tersebut tidak menggunakan fasilitas Bebas Ongkir, karena penggantian jasa pengiriman pada pesanan Bebas Ongkir bisa berbuah penalti untuk Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Upload Produk di Lazada?

Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya komplain dan review negatif?

1. Anda harus memastikan produk Anda benar-benar ada

Anda harus menyesuaikan jumlah stok di etalase toko Anda di Tokopedia dengan jumlah yang sebenarnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat pembeli dan kurir menunggu ketersediaan produk Anda untuk segera diproses. Karena jika tidak tersedia saat pesanan ada, maka pembeli dan kurir akan menunggu lebih lama.

2. Anda harus memproses pesanan sesuai dengan prioritas

Anda harus membuat skala prioritas orderan sesuai dengan durasi pengiriman yang masuk. Kemudian, Anda proses dan kemas pesanan sesuai dengan daftar yang ada pada menu “Siap Dikirim”.

3. Anda harus memastikan pesanan produk Anda siap untuk di-Pick Up

Sebelum Anda mengklik Request Pick Up, pastikanlah semua pesanan yang harus diserahkan dalam satu layanan pengiriman yang sama harus benar-benar siap. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kurir agar kurir tersebut tidak bolak-balik untuk menjemput pesanan yang berbeda. Apabila memungkinkan, posisikan pesanan yang Anda dapatkan dalam tumpukan yang terpisah sesuai dengan layanan pengiriman yang dipilih atas pesanan tersebut. Sehingga Anda tidak perlu sibuk mencari ketika kurir menjemput pesanan tersebut.

4. Anda bisa melakukan rekap pesanan bersama kurir

Ketika kurir datang menjemput pesanan, cocokkan pesanan yang sudah Anda serahkan kepada kurir tersebut dengan pesanan yang ada pada tab “Menunggu Pick-Up”. Caranya adalah Anda membandingkan nomor resi pengiriman dengan nomor yang ada pada label pengiriman pesanan tersebut.

Jadi, intinya adalah Anda harus benar-benar memastikan semua pesanan siap untuk di-Pick Up oleh kurir. Dan hal-hal tersebut di atas harus Anda lakukan agar tidak terjadi komplain dan review negatif dari pembeli Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here