Bagaimana Cara Mengatasi Tingginya Pembatalan dan Pengembalian Pesanan di Shopee

Kursus Marketplace – Produk Anda sudah bagus dan memiliki banyak variasi, bahkan pengiriman dari toko Anda tidak pernah terlambat, tapi mengapa tingkat pembatalan dan pengembalian pesanan di toko Anda tetap tinggi? Mari cek beberapa sebab dan tentu juga ada solusinya. Penjual Shopee, apakah tingkat pembatalan dan pengembalian produk pada toko Anda tinggi? Anda harus mulai coba untuk menelaah, bermaksud agar mengetahui apakah tingkat pembatalan dan pengembalian pesanan di toko anda cukup sering terjadi. 

Untuk Tingkat Pesanan yang Tidak Terselesaikan merupakan persentase yang telah dibatalkan oleh Penjual atau bisa juga terjadi saat pengajuan pengembalian dana oleh pembeli yang terjadi dalam 30 hari terakhir menurut jumlah pesanan yang Anda terima. Data Tingkat Pesanan yang Tidak Terselesaikan tersebut diperbaharui oleh pihak Shopee setiap hari Senin. Cara untuk melihat total pembatalan atau pengembalian pesanan bisa Anda lihat melalui; Buka aplikasi Shopee, klik Saya, kemudian Asisten Penjual, lalu Performa Toko, yang terakhir adalah Total Pembatalan atau Pengembalian.

Sangat banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pembatalan dan pengembalian produk pesanan menjadi sangat tinggi. Apabila untuk tingkat pembatalan yang tinggi biasanya dikarenakan stok barang yang habis, atau  penjual sudah tidak aktif selama 7 hari atau bahkan lebih dari 7 hari tersebut, yang lebih sering terjadi adalah karena penjual terlambat untuk mengirimkan pesanan dari pembeli.

Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pengembalian produk menjadi tinggi merupakan penjual salah mengirimkan barang, barang yang telah dipesan tidak diterima oleh pembeli, atau barang yang dikirimkan telah diterima oleh pembeli dalam keadaan rusak. Tentu saja Anda harus mengatasi masalah tersebut, supaya toko Anda dapat berjalan dengan lancar. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Memaksimalkan Tingkat Pelayanan Toko di Tokopedia?

Bagaimana cara mengatasi tingkat pembatalan dan pengembalian produk pesanan yang tinggi di Shopee? Berikut ini adalah solusinya:

  1. Dengan mengurangi tingkat pembatalan dengan cara sebagai berikut:
  • Pastikan untuk memenuhi stok barang. Jangan lupa untuk selalu menghitung dan mengupdate stok barang pada toko Anda secara berurutan dan teliti.
  • Kirim pesanan dengan tepat waktu. Pesanan dapat dibatalkan apabila Anda tidak mengirimkan tepat dengan waktu yang telah diberikan pihak Shopee.
  • Usahakan untuk aktifkan fitur “Toko Libur” apabila tidak bisa memenuhi orderan untuk sementara waktu.
  1. Dengan mengurangi tingkat pengembalian dengan cara sebagai berikut:
  • Upayakan untuk mengemas barang dengan aman dan hati-hati. Tambahkan juga bubble wrap jika dirasa perlu dan tempelkan keterangan pengiriman dengan jelas di setiap paket yang akan dikirim.
  • Upayakan kemas dan kirimkan barang dengan sesuai. Double-check atau cek dua kali untuk semua barang dan alamat pengiriman.
  • Jangan lupa untuk tuliskan deskripsi barang yang sesuai agar sama dengan ekspektasi calon pembeli. Mulai dari visual atau foto yang hingga variasi yang beragam.
  • Usahakan Anda dapat memantau terus barang yang dikembalikan oleh pembeli. Telitilah apakah ada suatu masalah pada barang yang telah dikembalikan tersebut. 

Diharapkan solusi yang telah dituliskan diatas dapat membantu mengatasi pembatalan dan pengembalian pada toko Anda dan semoga Anda bisa selalu berbisnis dengan lancar kedepannya. Jangan lupa untuk selalu meneliti pesanan sebelum dikirimkan ke pembeli, dan juga cek stok yang tersedia. Juga jangan lupakan kondisi barang yang telah dipesan oleh pembeli, selalu jaga komunikasi yang baik dengan pembeli, harus sabar. Selamat berjuang untuk bisnis Anda, Shopee sellers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here