Bagaimana Cara Mengenali Penipu di OLX

Kursus MarketplaceOLX merupakan salah satu marketplace sebagai perantara antara penjual dan pembeli melalui jalan online. OLX menyediakan tempat beriklan seperti halnya iklan kolom yang ada pada koran. Sehingga OLX tidak akan mengurusi transaksi antara penjual dan pembeli, perannya hanyalah sebagai perantara. Segala bentuk transaksi menjadi tanggung jawab penggunanya. Hal ini menyebabkan banyak oknum yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak baik, yaitu menipu.

Apabila Anda membeli barang atau produk yang berharga mahal, sebaiknya Anda memilih metode pembayaran dengan COD atau ketemuan. Namun apabila tidak bisa menggunakan sistem pembayaran COD, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Cara Mengenali Penipu di OLX

  1. Tidak Memilih Barang Black Market atau BM

Jangan pernah memilih barang BM, sebab penipu cenderung menawarkan dengan harga yang murah. Alasannya tentu saja karena barang tersebut adalah black market. Intinya jangan sampai Anda tergiur dengan produk atau barang yang ditawarkan dengan harga yang murah. 

Selain itu, bawang black market di bawa masuk ke pasaran Indonesia tanpa bea cukai untuk menghindari pajak. Sedangkan pajak untuk barang impor sebesar 10-15%. Dapat disimpulkan bahwa meskipun barang tersebut dari black market seharusnya tidak memiliki harga yang berbeda jauh di pasaran. Inilah alasan sebenarnya kenapa Anda tidak boleh memilih barang black market.

  1. Jangan Memilih Penjual yang Memiliki Lokasi di Beberapa Kota 

Apabila ada penjual yang memiliki lokasi di beberapa tempat sekaligus, Anda patut mencurigainya. Meskipun tidak selalu penjual yang memiliki lokasi di beberapa kota sekaligus adalah penipu. Namun, sebaiknya bagi pembeli awam sebaiknya menghindarinya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berjualan di Lazada yang Tidak Diketahui Pelaku UMKM?

  1. Hindari Penjual yang Berlokasi di Kota Kecil atau Terpencil

Usahakan untuk selalu memilih penjual yang berlokasi di kota besar, jangan memilih penjual di kota kecil. Alasan nya adalah, karena penipu akan selalu memilih kota terpencil untuk menghindari metode pembayaran dengan COD. Meskipun tidak semua penjual yang berlokasi di kota kecil atau terpencil adalah penipu. Namun, demi keamanan Anda sebaiknya menghindari penjual yang berlokasi di kota kecil ata terpencil.

Anda harus mengecek lokasi penjual, meskipun dari kota kecil, Anda harus mengecek harga produk. Jika harga produk memiliki harga yang tidak masuk akal, Anda patut curiga dan bisa dipastikan bahwa penjual adalah penipu.

  1. Memastikan Gambar yang Dipasang Asli

Memastikan gambar produk yang dipasang asli atau tidak memang agak sulit dan membutuhkan ketelitian ekstra. Namun cara ini terbukti ampuh menghindari penjual penipu. Penipu pasti menjual barang yang tidak mereka miliki, dan untuk menjual produk demi meyakinkan pembeli penipu memasang foto palsu. Cara untuk memastikan gambar produk yaitu:

  • Klik kanan pada foto produk kemudian pilih “copy image location”
  • Masuklah ke google.co.id dan pilih “Images”
  • Kemudian klik logo kamera di kolom search atau pencarian
  • Tekan Ctrl+V atau paste URL yang tadi sudah Anda copy pada langkah pertama, kemudian klik “Search by Image” 
  • Kemudian hasilnya akan muncul. Coba klik salah satu link hasil tadi, disini aka nada informasi sebenarnya dari harga jual foto. Biasanya harganya lebih mahal daripada harga yang ditawarkan oleh penipu.

Baiklah, itu tadi cara mengenali penipu di OLX. Semoga cara-cara sederhana di atas bisa membantu Anda mengenali para penjual abal-abal atau penipu. Dan tidak ada lagi oknum penjual yang berusaha menjadi penipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here