Bagaimana Cara Menjadi Top Seller untuk Pemula di JD.ID

Kursus Marketplace – Saat ini bisnis online memang cukup menjanjikan dan telah banyak di lirik oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi di karenakan pesatnya perkembangan teknologi serta perkembangan jaman. Perkembangan ini memang telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia.

Salah satu perubahan yang cukup terlihat adalah dalam hal berbelanja. Dulu ketika kita ingin berbelanja maka kita harus pergi ke toko, namun saat ini sudah tidak perlu lagi sebab kita bisa belanja melalui online. Saat ini memang belanja online semakin disukai oleh masyarakat sebab kemudahan dan efesiensi waktu yang diberikan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak e-commerce bermunculan. Salah satu e-commerce yang cukup besar dan juga terpercaya di Indonesia saat ini adalah JD ID.

Tips menjadi Top Seller di JD.ID Bagi Pemula

Bagi Anda seller yang baru bergabung di JD.ID mungkin mengalami kendala dalam memasarkan produk yang Anda jual. Namun jangan hawatir sebab berikut ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar bisa menjadi top seller di JD.ID.

  1. Memilih Produk yang Dijual

Memilih produk yang akan Anda jual merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan target pasar yang akan dijangkau serta mengetahui spesifikasi produknya. Contohnya apabila Anda ingin menjual pakaian dan targetmu adalah anak- anak muda, maka produk yang Anda jual harus mengikuti model terkini.

  1. Cek Ketersediaan Produk

Kemudian Anda harus memastikan ketersediaan produk yang akan Anda jual tersebut. Walaupun produk yang Anda jual unik, tapi harus tetap memperhatikan kebutuhan para konsumen.Oleh sebab itu, cek ketersediaan produk secara rutin. Apabila terdapat produk yang banyak diminati oleh konsumen, maka Anda harus memprioritaskan ketersediaan produk tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Akun di JD.ID?

  1. Menjaga Kualitas Produk

Salah satu hal penting yang sering dilupakan oleh penjual adalah untuk menjaga kualitas produk. Apabila produk yang Anda jual cepat rusak, maka tentu produk tersebut akan mendapatkan penilaian negatif oleh para konsumen.Jadi akan lebih baik jika Anda menjual produk dengan harga yang cukup mahal, tapi mempunyai kualitas yang baik pula. Dengan demikian maka produk yang Anda jual dapat digunakan selama bertahun-tahun dan tentu konsumen akan merasa puas. Jika mereka puas pasti suatu saat mereka akan membeli produk dari Anda lagi.

  1. Menjual Produk Orisinil

JD.ID juga mengutamakan keaslian produk yang dijual. Seluruh produk yang akan Anda jual akan diseleksi terlebih dahulu oleh tim JD.ID. Setelah itu baru dinyatakan layak atau tidak untuk dijual.

  1. Tambahkan Deskripsi Produk

Karena produk yang yang Anda jual dipasarkan secara online, maka konsumen tidak dapat melihat langsung. Oleh sebab itu, Anda harus menambahkan deskripsi maupun foto produk yang dijual secara detail dan jelas.

Hal-Hal Penting Terkait Produk Jualan di JD.ID

Selain memperhatikan tips diatas, Anda juga perlu memperhatikan hal berikut ini  jika ingin berjualan di JD.ID. Produk yang akan Anda jual di JD.ID, terlebih dahulu harus melewati proses audit. Oleh sebab itu, terdapat beberapa poin yang perlu Anda pastikan supaya kontennya memenuhi standar, yakni sebagai berikut:

  1. SKU Name (Nama Produk)

SKU Name atau nama produk adalah hal paling penting yang akan diperhatikan oleh tim Quality Control (QC) JD.ID. Hal tersebut dilakukan supaya produknya dapat ditemukan dengan mudah. Jadi Anda perlu memastikan nama produknya benar, spesifil, detail dan jelas, nama produk dan gambar harus sesuai, tidak boleh menggunakan nama seller, ditulis dalam format Title Case.

  1. Gambar Produk

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa gambar produk merupakan aset paling penting dalam toko online.  Oleh sebab itu, gambar harus jelas dan dapat terlihat sekitar 80 persen dari keseluruhan gambar dan tidak boleh terhalang oleh watermark dari seller.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here