Bagaimana Cara Pembeli Membatalkan Pengajuan Penukaran Barang di Elevenia

Private Jualan di MarketplaceMembatalkan pengajuan penukaran barang bisa saja terjadi, misalnya karena pembeli sudah rela menerima barang yang telah sampai. Atau apabila pembeli sudah terlanjur melakukan konfirmasi penerimaan barang pada aplikasi Elevenia. Apabila Anda sudah terlanjur mengirimkan pengajuan penukaran barang namun Anda berniat untuk membatalkannya, sebaiknya Anda mengikut beberapa langkah berikut ini.

Cara Membatalkan Pengajuan Penukaran Barang

Pembatalan pengajuan penukaran barang hanya bisa dilakukan apabila pembeli sudah terlanjur melakukan pengajuan barang. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pembeli jika ingin membatalkan pengajuan penukaran barang. Langkah-langkah tersebut diantaranya:

  1. Pada halaman pengaturan penukaran yang ada di halaman My Elevenia, pembeli sudah terlanjur mengajukan penukaran barang. Dengan mengklik menu “Permohonan Penukaran”. 
  2. Pembeli dalam pengajuan penukaran wajib memberikan alasan. Alasan tersebut berisi kenapa melakukan pengajuan penukaran barang.
  3. Data barang yang akan ditukarkan oleh pembeli akan muncul pada menu “Pengaturan Penukaran. Pada halaman ini penjual belum menyetujui apakah akan menerima persetujuan pengajuan penukaran barang atau akan menolaknya. 
  4. Dalam tahap ini, pembeli membatalkan proses pengajuan penukaran barang dengan membatalkan dan meneruskan proses transaksi. Proses selanjutnya dari transaksi adalah melanjutkan pesanan barang pada proses pengiriman. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal memilih atau klik button “Batalkan Aplikasi Penukaran” pada halaman my Elevenia pada buyer. Maka otomatis pengajuan penukaran barang Anda akan dibatalkan oleh sistem. Sangat mudah bukan!  Dan proses transaksi dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  5. Penjual bisa mendeteksi nomor pemesanan yang telah pembeli batalkan melalui sub menu pada status penukaran “Batalkan Pengajuan Penukaran” dan klik cari. Penjual bisa melihat kembali nomor pesanan sebab nomor pesanan telah hilang pada status pengajuan penukaran.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyetujui dan Menolak Pengajuan Penukaran Barang Oleh Pembeli di Elevenia?

  1. Pada pengaturan pengembalian akan muncul dua hal berikut, yaitu:
  • Akan muncul nomor pemesanan, status nomor pemesanan ini adalah pembatalan pengajuan penukaran.
  • Penjual bisa mengklik “Unduh Excel” apabila penjual ingin melihat keseluruhan data yang dianggap penting dengan status tersebut.
  1. Status penukaran barang akan dibatalkan secara otomatis. Pada halaman pengaturan penukaran akan muncul status “Batalkan Pengajuan Penukaran” setelah pembeli membatalkan pengajuan barang yang telah dipesannya.
  2. Status pengiriman barang pada nomor pemesanan yang sudah dilakukan pembatalan pengajuan penukaran barang akan dilakukan proses selanjutnya. Yaitu pengiriman barang akan terus berlanjut seperti sebagaimana mestinya. 

Ada hal yang perlu diingat, yaitu: Pada proses settlement serta pengiriman akan disesuaikan dengan ketentuan penjual.

Itu tadi cara melakukan pembatalan pengajuan penukaran barang di Elevenia. Dalam hal pengajuan pengembalian dari pembeli, Penjual juga bisa menolaknya. Caranya pun juga sangat mudah, yaitu:

  • Akses halaman my Elevenia dan masuklah pada halaman “Pengajuan Pengembalian” dengan memanfaatkan fitur Seller Office. Kemudian pilihlah menu “Pengaturan Pengembalian”. Centang barang yang ingin ditolak dan klik menu “Permintaan Pengembalian Ditolak”.
  • Alasan penolakan ini tentu saja beragam dan sesuai dengan kecenderungan penjual. Sehingga pihak Elevenia tidak bisa ikut campur dalam hal ini.

Sebagai penjual dan pembeli di marketplace Elevenia tentu harus banyak pengetahuan yang Anda ketahui. Jangan lah ragu untuk bertanya kepada orang yang mengerti apabila Anda menemukan halangan ketika menjalankan bisnis. Banyak sekali wadah yang akan memberikan Anda banyak ilmu tentang kiat sukses menjalankan bisnis online melalui marketplace. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here