Bagaimana Cara Pengembalian atau Pembatalan Pembayaran di OLX

Belajar Jualan di MarketplaceOLX Indonesia merupakan bisnis yang menjalankan iklan baris online, dimana OLX Indonesia bertindak sebagai perantara. OLX sebagai jasa perantara yang menggunakan sistem user generated content yaitu untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online. Layanan yang disediakan oleh OLX hanya disediakan kepada Anda yang patuh kepada syarat dan ketentuan umum OLX Indonesia. 

Layanan OLX Indonesia berlaku untuk pengguna yang berusia 18 tahun ke atas. Bagi pengguna yang berusia di bawah 18 tahun harus memakai layanan berdasarkan persetujuan dari orang tua atau wali. Seperti halnya marketplace lainnya, untuk menggunakan OLX juga harus dengan menjadi anggota dan memiliki akun OLX. Untuk cara memiliki akun OLX sudah pernah dibahas pada tulisan lainnya, pada tulisan kali ini fokus pada acara pengembalian/pembatalan pembayaran OLX. Yuk! Perhatikan ulasan berikut ini!

Cara Pengembalian Pembayaran dan Pembatalan

Cara pengembalian atau pembatalan pembayaran di OLX Indonesia dapat dilakukan dengan dua cara di bawah ini. Apabila Anda sudah melakukan proses pembayaran, tetapi Anda ingin membatalkan pembayarannya. Anda bisa melakukan langkah berikut:

  • Anda harus kembali pada halaman pemilihan fitur atau layanan OLX dengan cara memilih “tanda panah ke belakang”. Tanda panah ke belakang ini berada di bagian kiri atas browser atau di aplikasi.
  • Kemudian Anda bisa memulai pembayaran kembali yaitu dengan kembali melakukan pembayaran yang baru. Caranya dengan klik “Bayar” yang ada pada halaman browser atau halaman aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bagaimanakah Syarat dan Ketentuan dari Blibli Tukar Tambah?

Alasan OLX Hanya Melakukan Refund pada Kartu yang Sama Saat Pembayaran

OLX memiliki alasan kenapa hanya akan melakukan refund dana ke kartu yang sama saat dilakukan pembayaran, yaitu:

  • Sudah menjadi peraturan yang ditentukan dari kartu Visa dan Mastercard. Peraturan tersebut yaitu bahwa semua kegiatan pengembalian dana harus diproses pada kartu yang sama saat pembayaran.
  • Menghindari penyalahgunaan kartu atau penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pada kartu tersebut. 
  • OLX wajib menjalankan seluruh peraturan yang dipakai bank penerbit kartu, yaitu dengan menjalankan seluruh aktivitas pembayaran dengan kartu tersebut.

OLX sebagai perantara antara penjual dan pembeli tidak memiliki tanggung jawab terhadap beberapa hal yang ada pada penjual. Berikut ini adalah ulasan tentang batasan tanggung jawab OLX.

Batasan Tanggung Jawab OLX

Berikut ini adalah batasan tanggung jawab dari OLX, yaitu:

  1. OLX tidak memiliki tanggung jawab terhadap kebenaran informasi, gambar serta keterangan yang tercantum di dalam produk yang dijual. OLX tidak bertanggung jawab atas judul iklan, harga, diskripsi, alamat hingga nomor telepon yang diberikan oleh pemasang iklan. Untuk mencari informasi yang Anda cari, sebaiknya Anda menghubungi langsung pemasang iklan.
  2. OLX tidak memiliki tanggung jawab terhadap semua jaminan dan kondisi. Kondisi yang dimaksud disini adalah termasuk segala dampak dari jaminan, kelayakan informasi, dan kualitas produk dari pemasang iklan. Sehingga, OLX tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diterima pembeli, baik kerugian langsung maupun tidak langsung.
  3. OLX tidak bertanggung jawab terhadap akibat langsung maupun tidak langsung dari keputusan calon pembeli dalam mengajukan penawaran kepada pemasang iklan.
  4. OLX tidak bertanggung jawab atas penyerahan barang atau jasa
  5. OLX tidak memiliki tanggung jawab terhadap layanan yang tidak ada untuk sementara waktu yang diakibatkan adanya masalah teknis di luar kendali OLX.

Demikian ulasan tentang pengembalian atau pembatalan pembayaran di OLX, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here