Kursus Marketplace – Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa cara orang berbelanja sekarang telah berevolusi. Dan yang pasti utamanya bukan hanya para milenial saja, tetapi juga adalah orang-orang yang sudah berusia lanjut maupun para remaja yang mengenal gadget dan juga internet. Salah satu platform terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan rujukan untuk berbelanja secara Online adalah Shopee.

Dan tidak jarang ketika Anda melakukan belanja tersebut, barang yang dikirimkan tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi kesepakatan. Di sinilah manfaat Anda melakukan pembelian barang secara Online melalui Shopee, yaitu jika barang yang Anda beli tidak sesuai dengan kesepakatan maka Anda bisa menukar atau mengganti barang tersebut kepada penjualnya. Dan beberapa alasan berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari seseorang dalam menukar atau mengganti barang yang Anda beli.

1. Produk atau Ukuran Pesanan Salah

Ini adalah jenis pengembalian produk yang paling umum. Tampaknya di luar kendali Anda untuk memperbaikinya. Namun pada kenyataannya, ini lebih dapat dikontrol daripada yang Anda pikirkan. Anda tinggal melakukan komunikasi dengan penjual untuk kemudian mengirimkan produk yang salah tersebut kepada penjual. Kemudian setelah produk yang Anda kirimkan tersebut sampai pada penjual, dan penjual akan segera mengirimkan produk pengganti kepada Anda.

2. Produk yang Dikirimkan Tidak Sesuai dengan Deskripsi di Toko Online atau dalam Katalog

Alasan pengembalian ini juga umum terjadi meskipun tidak semua penjual mau menerima alasan tersebut. Deskripsi produk yang tidak detail dan akurat mungkin menjadikan pengembalian produk ini terjadi. Skenario kasus terburuk adalah bahwa seorang pelanggan mungkin tidak akan repot-repot meminta ganti produk tetapi malah mengajukan sengketa atas ketidaksesuaian produk yang diterima.

3. Produk Tidak Berfungsi dengan Normal

Jika Anda membeli produk-produk seperti barang elektronik, barang atau produk tersebut terkadang cacat atau rusak yang menyebabkan produk tersebut tidak bekerja secara normal atau malah tidak berfungsi sama sekali. Jika ini terjadi, mintalah untuk menukar produk kepada penjual alih-alih menawarkan pengembalian uang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Lapak di Shopee?

Bagaimana Cara Retur Barang di Shopee?

Beberapa alasan di atas adalah alasan utama yang mungkin mendasari Anda untuk meminta penggantian barang pada penjual. Tetapi, Kami menganjurkan Anda untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan Penjual melalui fitur chat atau percakapan sebelum mengajukan permintaan pengembalian atau penggantian barang.

Segera setelah Anda menerima dan memeriksa barang atau produk tersebut, berdasarkan beberapa alasan yang telah dibahas di atas Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian barang atau produk sebelum dana Anda diteruskan kepada Penjual (yaitu sebelum Anda klik Pesanan Diterima atau sebelum masa Garansi Shopee ini berakhir). Dan berikut adalah cara-cara untuk retur atau mengganti barang kepada penjual di Shopee yang bisa Anda ikuti.

  1. Langkah pertamanya adalah Anda harus klik Pesanan Saya pada bagian tab Saya.

  1. Kemudian Anda harus klik tab Dikirim.

  1. Lalu Anda masuk halaman Rincian Pesanan.
  2. Lalu Anda klik Ajukan Pengembalian.

  1. Pilihlah barang atau produk yang ingin dikembalikan.
  2. Lalu Anda juga harus klik Pilih Alasan dan pilih alasan pengajuan pengembalian Anda ini.
  3. Kemudian Anda masukkan alamat email Anda.
  4. Lalu Anda klik Kirimkan.

Semudah itulah cara Shopee menyediakan fitur pengembalian atau penggantian barang yang bisa Anda nikmati. Karena kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang menjadi keutamaan dari Shopee.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here