Bagaimana Cara Upload Produk di Tokopedia sebagai Seller

Private Jualan di Marketplace – Apabila Anda memiliki toko Online di Tokopedia, menerbitkan foto yang berkualitas di toko Online tersebut sangatlah penting. Maka berikut adalah 5 alasan untuk mempublikasikan gambar dan foto sebagai bagian dari taktik pemasaran bisnis Anda.

  • Deskripsi produk yang dilengkapi dengan gambar mendapat 94% lebih banyak penayangan
  • Termasuk Foto dan video dalam postingan produk juga meningkatkan tampilan lebih dari 45%
  • 60% konsumen lebih cenderung mempertimbangkan atau melanjutkan membeli produk ketika sebuah gambar muncul di hasil pencarian mereka
  • Di situs toko Online seperti Tokopedia, 67% konsumen mengatakan kualitas gambar produk “sangat penting” dalam memilih dan membeli produk
  • Di toko online, pelanggan berpikir bahwa kualitas gambar produk lebih penting daripada informasi spesifik produk (63%), deskripsi panjang (54%) serta peringkat dan ulasan (53%)

Tips Mengunggah Produk yang Tepat dan Benar

Anda yang memiliki toko baru di Tokopedia harus atau wajib mengunggah produk dalam 90 hari pertama Anda mulai berjualan. Apabila Anda tidak mengunggah produk, toko Anda akan dinonaktifkan secara permanen. Link toko yang awalnya biasa Anda gunakan akan bisa digunakan oleh Seller yang lain. Anda harus membuat toko mulai dari awal lagi apabila ingin melanjutkan berjualan di Tokopedia. Ada 4 tips utama dari kami saat Anda mengunggah produk yang perlu Anda tahu:

  1. Foto produk harus jelas, memiliki detail, dan diambil dari berbagai sudut
  2. Berikan nama produk dengan tepat
  3. Berikan juga deskripsi produk yang jelas dan lengkap serta mudah dimengerti
  4. Pasang juga harga produk yang masuk akal agar harga tersebut kompetitif

Baca Juga: Bagaimana Cara Menambahkan Produk Sekaligus di Tokopedia?

Pengaturan Stok Produk

Apabila produk Anda sudah siap dijual dan tersedia, pilih Stok Tersedia. Tetapi, apabila produk Anda masih belum tersedia, Anda pilih Stok Kosong. Anda juga harus sering mengupdate stok produk toko Anda agar pembeli tidak kecewa karena terjadi adanya miskomunikasi dengan pembeli atau pelanggan.

Langkah-Langkah Upload Produk di Tokopedia

  1. Dari smartphone Anda harus masuk ke halaman toko Anda, lalu ke bagian produk dan klik ikon lalu Anda klik ‘Tambah produk’ dan ikuti langkah seterusnya (lihat kotak merah)

  1. Dan jika Anda mengaksesnya dari browser melalui PC atau laptop maka Anda harus buka aplikasi Tokopedia dan masuklah ke halaman Tokopedia Seller

  1. Pada halaman Tokopedia Seller tersebut Anda klik menu ‘Tambah Produk’

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami yang bisa Anda aplikasikan ke toko Anda:

  • Makin banyak variasi produk Anda di toko tersebut, maka semakin besar kemungkinan toko Anda mendapatkan transaksi pertama. Jadi sebisa mungkin Anda harus mengusahakan mengunggah lebih dari 3 produk pertama kali ini secara langsung.
  • Namun apabila Anda hanya memiliki satu jenis produk saja, Anda bisa menjualnya juga dalam bentuk paket (bundling). Misalnya toko A menjual buah Manggis. Maka Anda bisa menjual ‘Paket A’ berisi 3 kg Manggis, ‘Paket B’ berisi 5 kg, dan seterusnya. Dimana setiap paket tersebut harus Anda buatkan postingan sendiri masing-masing.
  1. Unggah foto produk

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami yang bisa Anda aplikasikan ke toko Anda:

  • Anda harus memastikan kualitas foto produk tersebut bagus, detail, dan jelas
  • Anda juga harus mengambil foto produk tersebut dari berbagai sudut
  • Khusus untuk produk kategori fashion, sebaiknya Anda menggunakan model yang menarik perhatian
  1. Kemudian Anda juga harus memasukkan nama serta kategori produk. Ingatlah untuk selalu memberi nama produk yang baik dengan “Jenis Produk + Merek Produk + Keterangan Tambahan”

  1. Langkah selanjutnya Anda harus menuliskan deskripsi produk Anda dengan tips dari kami berikut ini:
  • Anda harus menuliskan spesifikasi serta kelengkapan produk dengan sejelas mungkin.
  • Anda juga wajib menggunakan bahasa yang mudah dimengerti calon pembeli Anda
  • Kemudian Anda tambahkan keterangan yang sekiranya akan ditanyakan oleh para pembeli, seperti produk Anda tersebut ready atau tidak.

  1. Kemudian masukkan keterangan yang lain seperti harga dan/atau berat produk.
  2. Langkah terakhirnya adalah Anda periksa kembali semua keterangan produk tersebut. Apabila sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda klik ‘Simpan’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here