Bagaimana Tips Menjual Barang Elektronik di Facebook Marketplace

Private Jualan di MarketplaceMelakukan aktivitas menjual dan membeli barang elektronik di Facebook Marketplace mungkin bagi sebagian orang adalah hal biasa. Sebab sebagian orang beranggapan bahwa melakukan transaksi di Marketplace lebih praktis dan hemat waktu. Namun hal ini juga terkadang memiliki dampak yang kurang bagus, yaitu barang elektronik yang dibeli tidak sesuai keinginan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mengetahui tips menjual dan membeli barang elektronik di Facebook Marketplace.

Tips Menjual Barang Elektronik di Facebook Marketplace

Bagi para penjual barang elektronik di Facebook Marketplace wajib tahu tips-tips berikut ini, supaya barang elektronik yang dijualnya laku keras. Selain itu, untuk menanamkan kepercayaan dan menjaga loyalitas pembeli kepada toko online nya. Berikut ini adalah tips-tips menjual barang elektronik di Facebook Marketplace:

  1. Menghapus Seluruh Informasi Pribadi yang Ada di dalam Perangkat Elektronik

Apabila Anda menjual HP atau Laptop, Anda sangat disarankan untuk menghapus seluruh informasi pribadi yang ada pada perangkat elektronik Anda tersebut. Tujuan dari menghapus informasi pribadi adalah untuk melindungi privasi Anda, supaya informasi Anda tidak bocor. Apabila Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa bertanya pada orang yang lebih paham misalnya pihak produsen perangkat. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi bantuan untuk menghapus data pribadi Anda.

  1. Menulis Nomor Seri Perangkat

Anda harus menulis nomor seri perangkat, hal ini untuk mengantisipasi seandainya suatu hari nanti Anda membutuhkannya. Apabila Anda tidak tahu cara mendapatkan nomor seri perangkat, Anda bisa bertanya kepada produsen perangkat Anda. Atau dengan mencari informasi secara online tentang perangkat Anda. Untuk perangkat HP Anda perlu mencari nomor International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

  1. Menjelaskan Kondisi Barang Dengan Lengkap

Anda harus mengambil foto gambar yang ingin Anda jual dengan resolusi tinggi, hal ini bertujuan supaya hasil gambar bagus. Barulah kemudian Anda bisa mengunggah gambarnya sebanyak mungkin. Anda juga harus mencantumkan detail barang, tentang kendala atau masalah barang. Kondisi barang apakah baru atau bekas. Anda bisa mengedit penawaran Anda apabila memerlukan perubahan deskripsi pada gambar produk.

Baca Juga: Bagaimana Cara Pengembalian atau Pembatalan Pembayaran di OLX?

  1. Menawarkan Harga Sebenarnya Seperti yang Anda Inginkan

Anda harus memberikan atau menawarkan harga sebenarnya dari barang elektronik yang ingin Anda jual. Apabila Anda memberikan harga di bawah pasaran atau terlalu rendah, maka Anda telah melanggar kebijakan perdagangan yang ditentukan oleh Facebook Marketplace. Sehingga sebaiknya Anda harus menawarkan dan menuliskan harga sebenarnya yang Anda inginkan.

  1. Mengenali Pembeli Barang Anda

Anda harus mengenali pembeli barang Anda, caranya dengan mengunjungi profil pelapaknya. Setelah mengunjungi profilnya, Anda bisa melihat foto profilnya, nilai yang sudah diperolehnya dari pembeli dan penjual lainnya. Anda juga harus melihat kapan akun facebook nya dibuat.

  1. Menemui Pembeli Barang Anda di Tempat Umum dan Siang Hari

Selain Anda harus menemui pembeli di siang hari dan ditempat umum, Anda juga harus mengajak teman Anda ketika menemui pembeli. Tujuannya adalah demi keamanan Anda.

  1. Tandai Bahwa Barang Telah Terjual

Setelah prosesi transaksi penjualan selesai, Anda harus menandai barang sebagai barang yang telah terjual. Anda juga harus memberi nilai kepada pembeli, untuk membantu orang lain yang ingin melakukan transaksi di Facebook Marketplace. 

Itu tadi 7 tips menjual barang elektronik di Facebook Marketplace, ikuti tips di atas ya! Supaya bisnis online Anda berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here