Bagaimana Tips Pilih Layanan Pengiriman Sesuai Toko dan Produk yang Dijual

Private Jualan Di Marketplace – Dalam jual beli online, pengiriman adalah sesuatu yang sangat penting. Semua pembeli bisa dipastikan bahwa mereka menginginkan produk yang mereka pesan sampai di rumah dengan baik dan juga tepat waktu. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang seller untuk memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan jenis produk yang mereka jual. Contohnya saja adalah produk makanan basah atau cairan tertentu, barang-barang tersebut memiliki kebutuhan paling atau durasi pengiriman yang berbeda dengan produk lainnya seperti produk elektronik atau fashion.

Tips Mengatur Pengiriman dengan Tepat

1. Gunakan fitur AWB atau Airway Bill secara otomatis dan non tunai

Selain kecepatan dalam pengiriman, ketepatan dalam melakukan proses orderan adalah sebuah nilai lebih yang bisa membuat performa toko anda semakin baik setiap hari. Dengan menggunakan fasilitas AWB otomatis dan non tunai, proses pengiriman akan menjadi lebih cepat dan juga lebih akurat. Anda tidak perlu lagi memasukkan alamat pembeli Anda secara manual karena semua sudah terisi secara otomatis oleh sistem di Tokopedia.

2. Hitunglah berat Paket anda dengan tepat

Berat volume merupakan berat yang didapatkan dari hasil penghitungan dengan menggunakan ukuran volume produk yang akan anda kirim. Penghitungan ini didasarkan pada ada berat actual barang ringan tetapi memakan tempat dalam proses pengiriman tersebut (volume besar).

  • Dalam menentukan jumlah berat produk saat melakukan pengiriman ada dua jenis berat yang harus anda hitung titik yaitu berita aktual barang dan berat volumetrik paket. Saat paket tersebut diberikan kepada kurir-kurir tersebut akan mengambil berat tertinggi di antara dua jenis berat tersebut.
  • Inilah cara menghitung berat volumetrik:
    • Partner Logistik Express: P x L x T (cm) dibagi 6.000.
    • Partner Logistik Cargo: P x L x T (cm) dibagi 6.000.
  • Setelah anda berhasil menghitung berat aktual dan juga berat volumetrik, anda sebagai seller harus memasukkan berat tertinggi pada bagian “Berat” di halaman “Tambah Produk”.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Cashback dari J&T Cashless Hingga 15%?

Berikut ini adalah tips penghitungan berat aktual dan juga berat volumetrik:

  1. Penghitungan berat harus mengikutsertakan packing pada paket seperti Bubble wrap, packing kayu, kardus atau yang lainnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perbedaan berat antara berat yang dicantumkan pada produk dengan berat yang sebenarnya ketika Anda mengirimkan produk tersebut.
  2. Hal tersebut berlaku terutama untuk volumetrik anda sebagai seller melakukan penghitungan volume dalam bentuk paket siap kirim atau sudah di-packing. Hal ini harus anda lakukan untuk menghindari kesalahan penghitungan volume, karena volume dihitung saat produk tersebut sudah di-packing.

3. Anda Harus Memperhatikan Packing, Asuransi, dan Label Pengiriman

Packing produk yang tepat dan juga benar adalah kunci dari kepuasan pembeli anda. Untuk menjamin keamanan produk yang akan anda Kirimkan, berikut adalah tipsnya:

  1. Anda harus mengemas produk Anda dengan aman menggunakan lapisan tambahan seperti koran, kardus, styrofoam, atau bubble wrap.
  2. Anda bisa menggunakan kemasan Box apabila anda membutuhkannya.
  3. Anda harus mengisi ruang kosong disekitar produk dalam packing tersebut, terutama jika ada ruang kosong yang masih tersisa di dalam paket tersebut.
  4. Langkah terakhirnya adalah Anda harus menutup Box paket tersebut dengan rapat demi menjaga keamanan produk tersebut saat pengiriman.

Dengan mencetak label pengiriman, anda sebagai seller bisa mendapatkan kemudahan dalam menulis alamat pembeli dan juga mengurangi kesalahan penulisan karena alamat pembeli tersebut susah sudah sesuai dengan faktur dari Tokopedia. Dan untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan produk dari pihak Yaman logistik, anda sebagai seluler disarankan untuk mengaktifkan layanan asuransi.

Untuk semua proses di atas, ketika Anda bisa melakukan proses pesanan dengan baik maka performa toko anda bisa meningkat. Performa toko yang baik bisa menarik banyak pelanggan untuk berbelanja di toko anda. Jadi, mulailah menjual apa saja di Tokopedia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here